Program Studi Desain Interior FSRD UNTAR menggelar Webinar dan Online Workshop untuk Pembekalan Internship Mahasiswa Program Studi Desain Interior Angkatan 2018.
Sabtu, 31 Oktober 2020

Dalam menjawab tantangan terbaru yang digagas oleh Kementrian Pendidikan Nasional melalui program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, dan upaya peningkatan keilmuan mahasiswa agar siap untuk diserap oleh industri dan profesi melalui program Magang/Internship, maka Program Studi (Prodi) Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Tarumanagara (UNTAR) berusaha mempersiapkan mahasiswa – mahasiswa yang akan melakukan program magang/internship pada semester Genap 2020/2021 dengan melaksanakan kegiatan Pembekalan Magang Angkatan 2018 yang diberi judul Online Workshop for Interior Design Student Class of 2018 dengan tema kegiatan Student Attitudes Towards Internship Experiences: From Theory to Practice yang diadakan pada Sabtu, 31 Oktober 2020. Kegiatan ini diadakan secara daring /virtual dengan menggunakan platform zoom dengan jumlah peserta 150 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Prodi Desain Interior FSRD UNTAR angkatan 2018. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini yang pertama adalah agar mahasiswa dibekali mengenai tata cara dan tata laku  di dunia profesi, serta bagaimana tata cara surat menyurat dengan pihak industri/perusahaan dan juga menyiapkan dan menyusun portofolio.

Kegiatan ini diadakan oleh Program Studi Desain Interior FSRD UNTAR bersama dengan Koordinator Magang, Fivanda, M.Ds dengan mengundang beberapa narasumber, diantaranya Maitri Widya Mutiara, S.Ds., M.M, Mariana S.Ds., M.Ars., Adi Ismanto, S.Sn., M.T dan juga Drs. Aing R Nayadilaga, M.T., HDII yang juga merupakan Dewan Kode Etik Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Pusat. Masing-masing dari narasumber akan membawakan topik yang berbeda berkaitan dengan persiapan dan juga pembekalan mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk program magang/internship.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 pagi dan dibuka oleh Adi Gunawan, mahasiswa Prodi Desain Interior sekaligus sebagai MC pada kegiatan ini. Acara diawali dengan kata sambutan dari Fivanda, M.Ds selaku ketua pelaksana dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Maitri Widya Mutiara, S.Ds., M.M selaku Kepala Program Studi Desain Interior FSRD UNTAR. Menurut Fivanda, kegiatan ini diadakan dengan harapan mahasiswa sebagai calon desainer interior masa depan dapat membawa perubahan-perubahan yang lebih baik dalam komunitas dimulai dari diri sendiri dan dengan diadakannya kegiatan bukan hanya sebagai modal awal, namun juga sebagai modal pendukung sebagai profesi desainer interior untuk mengasah hard skill, soft skill dan juga attitude dalam berprofesi nantinya.

  

Sesi pertama dalam kegiatan workshop online ini dimulai dengan pemaparan materi oleh Maitri Widya Mutiara, S.Ds., M.M dengan menyoroti pentingnya tata cara yang baik dalam surat-menyurat baik kepada perusahaan maupun instansi lainnya. Selain tata cara surat-menyurat seperti Cover Letter/Surat Lamaran, mahasiswa juga dibekali dengan tata cara yang baik dalam penyusunan Curriculum Vitae/CV dan juga tata cara membuka dan menutup pembicaraan tertulis melalui email. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan tata cara penyusunan portofolio digital serta media portofolio digital yang dibawakan lebih lanjut oleh Mariana, S.Ds., M.Ars dan juga Fivanda, M.Ds dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama para peserta webinar.

Sesi siang hari dibuka dengan pemaparan materi terkait Tata Laku/Etika dalam program Magang/Internship oleh Adi Ismanto, S.Sn., M.T. Dalam sesi ini mahasiswa dibekali dengan pengetahuan mengenai tujuan utama dari program magang itu sendiri sehingga para mahasiswa diharapkan mampu untuk menempatkan diri dalam lingkungan profesi untuk terus mengembangkan diri dan menggali potensi diri mahasiswa dan belajar untuk menjadi seorang desainer interior yang tetap membawa nama baik Universitas Tarumanagara dan juga menjunjung nilai-nilai entrepreneurship, profesionalisme, integritas dan juga kreatif. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi berikutnya, yaitu mengenai nilai-nilai Kode Etik sebagai seorang desainer interior yang disampaikan oleh salah satu Dewan Kode Etik HDII Pusat, yaitu Drs. Aing R Nayadilaga, M.T., HDII. Dalam sesi ini, mahasiswa diperkenalkan pada kewajiban-kewajiban serta nilai-nilai etika dalam profesi desainer interior di Indonesia. Sesi siang hari ini kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab serta diskusi yang melibatkan para peserta webinar.

  

  

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat menjadikan bekal dan modal pendukung para mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara dalam menjalankan program Magang/Internship ke depannya. Program ini juga direncanakan akan kembali diadakan tahun depan dan menjadi salah satu program reguler Program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara sebagai media pembelajaran tambahan sehingga dapat membuka wawasan yang lebih luas bagi para mahasiswa dalam menyiapkan program Magang/Internship mereka.

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018