PAMERAN, PEMUTARAN FILM , DAN DISKUSI PANCASILA DI ERA MILENIAL
Kamis, 22 Oktober 2020

Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 dengan Inez Tagor selaku MC pada kegiatan ini dan dibuka oleh kata sambutan dari Kurnia Setiawan, S.Sn., M.Hum selaku Dekan FSRD UNTAR sekaligus memberikan laporan kegiatan. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. Adianto, M.Sc selaku Ketua Lembaga Kemahasiswaan UNTAR.

Sesi selanjutnya adalah penayangan dari hasil lomba poster Pancasila: Pancasila di Era Milenial dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba poster oleh M. Nashir Setiawan, M.Hum, dimana pemenang pertama berhak mendapatkan sertifikat dan hadiah sebesar Rp. 1.500.000. Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video dokumentasi Ular Tangga Pancasila yang telah dilaksanakan di berbagai tempat dan wilayah.

  

  

Berikutnya, sesi diskusi dilakukan dengan pemaparan topik oleh berbagai narasumber, yaitu Kurnia Setiawan, S.Sn., M.Hum (FSRD UNTAR) yang membahas mengenai metode kreatif pembelajaran Pancasila, Greg Genep Sukendro (Grafisosial) yang membahas mengenai project Pancasila Grafisosial. Diskusi dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai kegiatan API Pancasila serta pengalaman berkegiatan di Sumatera Utara yang disampaikan oleh Johny Sia (Wakil Sekretaris INTI Sumut). Sesi diskusi diakhiri dengan presentasi dari Edi Danggur ( Sekretaris Dewan Pengawas Gerakan Pembumian Pancasila) yang menyoroti berbagai gerakan pembumian Pancasila di berbagai wilayah.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta yang hadir dan diakhiri dengan slogan Saya Indonesia, Saya Pancasila!

  

  

  

PAMERAN PANCASILA DI ERA MILENIAL

Pada bagian pertama pameran menampilkan proses dari kegiatan pengarusutamaan Pancasila yang telah dilakukan sejak tahun 2012 s/d 2020 ; Kampanye Pancasila Harga Mati (Worshop, Pameran Fotografis, dan Peluncuran Buku Esai Grafis Pancasila), Lokakarya Agen Perubahan Indonesia (API) Pancasila, Perancangan Tugas Akhir Boardgame Ular Tangga Pancasila, Penelitian Terapan Kemenristek DIKTI,  dan Lokakarya Metode Kreatif Pembelajaran Pancasila.  Pada bagian kedua, ditampilkan karya karya terbaik hasil lomba Poster Pancasila di Era Milenial yang diikuti oleh  para siswa dan mahasiswa.

Dalam konteks semakin menguatnya politik identitas dan radikalisme, berbanding terbalik dengan semakin berkurangnya pemahaman akan Pancasila. Hal ini berpotensi menjadi masalah di masa depan yang dapat mempengaruhi hidup bersama kita di Indonesia. Salah satu penyebab berkurangnya pemahaman akan Pancasila adalah karena isi dan metode pembelajaran Pancasila kurang menarik bagi para siswa. Program Ular Tangga Pancasila dibuat sebagai inisiatif kreatif untuk menjawab pertanyaan bagaimana pengarusutamaan Pancasila dilakukan khususnya bagi anak anak dan remaja. Pada tahun 2019 telah dibuat prototype UTP, simulasi untuk siswa SD, SMP, SMA, dan mahasiswa di Jakarta, Bali, dan Yogyakarta, pendaftaran Haki, dokumen Kaji Etik, publikasi ilmiah dalam seminar nasional dan internasional. Pada tahun 2020 diadakan 3 kali Lokakarya Ular Tangga Pancasila (training of trainer) yang dihadiri oleh 100 lebih peserta berbagai daerah di Indonesia. Pada pameran ini juga diadakan pemutaran video dokumentasi Ular Tangga Pancasila dan diskusi Pengarusutamaan Pancasila di era Milenial. Program Ular Tangga Pancasila diharapkan dapat menjadi suatu model pembelajaran Pancasila yang kreatif, bermanfaat, dan dapat menjadi gerakan bersama mengarusutamakan Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Pameran secara virtual dapat dilihat dengan mengunjungi instagram account @ulartangga.pancasila

Tim Ular Tangga Pancasila :        

Kurnia Setiawan                                           

Ninawati                                

Meiske Yunithree                                          

Arwin Hartanto

Albert Darmawan

Thomas Edison

Veronica

Ancilla Kyra

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018