Antusiasme Mahasiswa Prodi DI FSRD Untar Tinggi, Model Making for Rattan Furniture Design Workshop Kembali Diadakan.
Jumat, 06 September 2019

Kegiatan Workshop Model Making for Rattan Furniture untuk kedua kalinya diadakan. Setelah sebelumnya diikuti oleh 30 mahasiswa Prodi DI FSRD Untar di tahun 2018, kali ini di tahun 2019 kegiatan workshop ini diikuti oleh 40 mahasiswa, bukan hanya mahasiswa Prodi DI namun juga mahasiswa dari Program Studi lain, selain itu juga terdapat beberapa alumni FSRD Untar yang turut hadir sebagai peserta.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari Jumat 6 September 2019 dan selesai pada Sabtu 7 September 2019 dan kembali menghadirkan Denny Willy Junaidy, PhD, Andriano Simarmata, M.Ds dan Mastori sebagai narasumber dan sample maker. Kegiatan dibuka oleh Noeratri Andanwerti, M.Ds selaku Wakil Dekan FSRD Untar dan turut dihadiri oleh Dekan FSRD Untar, Kurnia Setiawan, S.Sn., M.Hum.

Para peserta workshop terlihat antusias dalam mendengarkan materi-materi tentang bagaimana merancang sebua sarana duduk, dalam hal ini easy chair yang diberikan oleh narasumber sebelum mempraktikkan bagaimana membuat sebuah prototipe kursi rotan dengan skala 1:5. Setelah seluruh materi diberikan, Mastori mulai mempraktikkan bagaimana cara bekerja dengan material rotan, dimana material rotan memiliki tingkat kelenturan yang berbeda dibanding material lain seperti kayu. Para peserta berkumpul untuk menyaksikan bagaimana Mastori mempraktikkan membuat sebuah prototipe kursi skala 1:5 dengan waktu kurang dari 1 jam.

  

 

Setelah selesai menyaksikan demo yang diberikan oleh Mastori, para peserta mulai merancang bentuk kursi yang akan mereka hasilkan. Para peserta berkonsultasi dengan narasumber dan instruktur yang hadir untuk menghasilkan bentuk-bentuk kursi yang menarik. Setelah desain yang dibuat sudah matang, para peserta mulai membentuk kursi yang mereka rancang dengan bahan-bahan rotan yang telah disediakan berikut alat-alat bantunya. Para peserta dengan semangat merakit kursi rancangan mereka sampai waktu di hari pertama habis.

Hari ke-dua dilanjutkan dengan para peserta yang masih merakit kursi rancangannya. Menjelang siang hari, beberapa peserta sudah berhasil merakit kursi rancangan mereka sampai selesai. Kegiatan workshop Model Making for Rattan Furniture ini diakhiri dengan sesi evaluasi dari kedua narasumber yaitu Denny Willy Junaidy, PhD dan Andriano Simarmata, M.Ds serta Mastori sebagai sample maker. Selain itu Wakil Dekan FSRD Untar, Noeratri Andanwerti, M.Ds juga turut hadir dalam sesi evaluasi serta memberikan kesan dan tanggapan atas terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada seluruh narasumber dan instruktur yang hadir dan diakhiri dengan foto bersama.

  

  

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018