Rangkaian Acara Penganugrahan Good Design Indonesia 2019
Rabu, 26 Juni 2019

Good Design Indonesia (GDI) merupakan adaptasi dari model seleksi desain G-Mark Jepang, GDI adalah sebuah pengakuan yang diberikan kepada hasil karya desain terbaik Indonesia untuk memperkenalkan kualitas dan desain tersebut ke dunia luar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan RI.

Penyelenggaraan GDI bertujuan untuk menemukan desain superior baru di Indonesia, serta sebagai gerbang untuk meraih pengakuan global dimana produk Indonesia dapat masuk dalam tatanan desain internasional.

Good Design Indonesia yang diadakan tahun 2019 ini merupakan serangkaian kegiatan yang telah dimulai pada tanggal 24 Januari 2019. Selama proses registrasi online yang dilakukan mulai pada tanggal 24 Januari sampai dengan 24 Maret 2019, kegiatan ini telah diikuti oleh lebih dari 240 karya dan sebanyak 61 karya telah lolos seleksi penjurian tahap pertama yang dilakukan pada tanggal 1–2 April 2019. Pada tahap penjurian ke-dua yang dilakukan pada     12-14 Juni 2019, sebanyak 30 karya lolos seleksi, diantaranya adalah karya dari Emellin Nadia Utama, mahasiswi dari Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR dengan karya desain furniture, The Blooming Throne.

 

Rangkaian acara penganugerahan Good Design Indonesia 2019 ini diadakan pada tanggal 26 Juni 2019 pukul 12.30 dan diawali dengan makan siang bersama seluruh peraih penghargaan dan tamu undangan. Sebelumnya diadakan rapat bersama dengan tim Good Design Indonesia dan staff Kementrian Perdagangan RI dengan seluruh perwakilan peraih penghargaan yang dipimpin oleh Ari Satria, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementrian Perdagangan RI. Program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR diwakili oleh Augustina Ika Widayani, S.T, M.Ds selaku sekretaris Program Studi Desain Interior dan Ferdinand, S.Ds sebagai salah satu dosen Prodi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR.

Acara Penganugerahan GDI 2019 dibuka dengan laporan rangkaian kegiatan Good Design Indonesia 2019 yang disampaikan oleh Ari Satria dan dilanjutkan dengan pembacaan nama peraih penghargaan GDI 2019 dari berbagai kategori, termasuk di dalamnya Blooming Throne karya desain Emellin Nadia Utama sebagai 1 dari 30 Top Design yang dibacakan oleh Ketua Dewan Juri GDI 2019, Gregorius Antar Awal (Yori Antar). Selain dewan juri GDI 2019, turut hadir dalam acara penganugrahan ini adalah seluruh dewan juri Good Design Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya.

Acara ditutup dengan pesan dari Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan RI, Ir. Arlinda, M.A. Acara diakhiri dengan kunjungan dari staf Kementrian Perdagangan RI termasuk Ir. Arlinda, M.A ke showcase booth yang memamerkan kursi Blooming Throne karya Emellin Nadia Utama beserta 29 karya peraih penghargaan Good Design Indonesia 2019 lainnya.

  

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018